Sekilas
Wednesday, 08 May 2024
  • Selamat datang di website SMA Negeri 81 Jakarta. Informasi terbaru di SMA Negeri 81 dapat dilihat di bagianpengumuman.

Kegiatan Doa Pagi Sebagai Pembentuk Karakter di SMAN 81 Jakarta

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Oleh: Tim IT

SMAN 81 Jakarta – Membentuk sebuah karakter pada Peserta didik tidak hanya di rumah namun juga di lingkungan sekolah.

Hal ini pada akhirnya membuat sekolah sekolah khususnya di SMA Negeri 81 Jakarta juga menerapkan pembentukan yang baik dengan melakukan pembiasaan Pagi.

Dalam usaha pembiasaan pagi ini diharapkan peserta didik memiliki karakter yang baik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. SMAN 81 Jakarta menerapkan pembiasaan yang berbeda beda pada tiap harinya, pada kesempatan kali ini, pembiasaan pagi yang akan diulas adalah doa pagi dan/atau Tadarus Al-Quran.

Pembacaan doa pagi dan/atau Tadarus ditujukan kepada semua peserta didik yang berada di sekolah kami. Pelaksanaan pembiasaan ini diadakan pada setiap hari Selasa dan Rabu pada pukul 06:30 hingga pukul 07:00 WIB, pembiasaan Tadarus dan/atau doa Pagi tidak diadakan di kelas semua namun dibagi bagi ruangan, berikut ini adalah pembagiannya.

1. Tadarus:
Tadarus ditujukan untuk siswa maupun siswi yang beragama Islam, dan dilakukan di masing masing kelas dengan didampingi oleh guru yang mengajar jam pertama di kelas tersebut. Siswa dan siswi bersama guru pendamping membaca dan mengikuti surat dan ayat yang telah ditentukan dari pusat suara. Hal ini diharapkan, hal ini sangat baik bagi peserta didik guna membiasakan diri untuk membaca Al Quran dengan harapan menjadi pahala serta tidak terlupa membaca huruf hijaiyah.

Pembiasaan Tadarus Pada Kelas 10
Pembiasaan Tadarus Kelas 11

2. Doa Pagi Kristen Protestan

Tidak hanya pada siswa yang beragama Islam dibiasakan untuk membaca doa pagi, siswa dan siswi yang beragama Kristen Protestan pun dibiasakan untuk membaca doa sebelum memulai pelajaran. Para siswa dan siswi melaksanakan doa di Aula sekolah, dengan didampingi oleh guru agama kristen, Josmer, S.Th.

3. Doa Pagi Agama Katholik

Untuk siswa maupun siswi katholik, kami juga memfasilitasi doa pagi bersama dengan guru pembimbing yang beragama katolik. Tempatnya diadakan di Ruang Referensi Perpustakaan.

4. Doa Pagi Agama Hindu

Siswa maupun Siswi yang beragama Hindu, mengadakan doa pagi di ruang baca utama perpustakaan, dengan didamping oleh guru kami yang beragama Hindu.

Doa pagi maupun tadarus AlQuran dilaksanakan kurang lebih selama 15 menit, kemudian dilanjutkan pembiasaan pagi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, dengan posisi berdiri sikap sempurna,

Demikianlah pembiasaan pagi ini di hari Selasa Rabu, SMA Negeri 81 Jakarta. Semoga Siswa dan siswi nantinya memiliki kebiasaan membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas seharian.