Sekilas
Wednesday, 08 May 2024
  • Selamat datang di website SMA Negeri 81 Jakarta. Informasi terbaru di SMA Negeri 81 dapat dilihat di bagianpengumuman.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Penulis: Tim IT

SMAN 81 Jakarta – Jumat, 30 September 2022, para peserta didik berbaris rapih di lapangan yang diikuti oleh Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SMAN 81 Jakarta, untuk mendengarkan arahan dari Kepala Sekolah, Bapak Dr. Joko Arwanto, M.Pd., bahwa sekolah akan memulai komitmennya untuk menciptakan sekolah ramah anak yang diawali penandatanganan deklarasi oleh civitas akademik.

Sebelum penandatanganan dimulai, pada kesempatan ini Wakil Kepala Sekolah yakni Ibu Dra. Sundari memberikan pidato tentang maksud dan tujuan dari Deklarasi Sekolah Ramah Anak, kemudian Ibu Sundari membaca poin poin Deklarasi yang kemudian diikuti oleh seluruh warga sekolah.

Terdapat 7 Poin yang dibacakan oleh beliau diantaranya;

  1. Seluruh komponen warga sekolah siap meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  2. Mewujudkan sekolah sebagai komunitas pembelajaran dan tempat pendidikan yang aman, ramah, bersih, sehat, hijau, rindang, dan nyaman bagi tumbuh kembang peserta didik.
  3. Siap memberikan kesetaraan hak pendidikan tanpa diskriminasi.
  4. Menghargai hak-hak anak, menjadi motivator dan fasilitator serta menjadi sahabat bagi peserta didik.
  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang bebas vandalisme, kekerasan fisik, non fisik, dan bentuk kekerasan lainnya.
  6. Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat mengembangkan berbagai kemampuan bakat minat anak dan kepribadian yang berkarakter.
  7. Menciptakan lingkungan sekolah bebas asap rokok, minuman keras, dan NAPZA.

Penandatanganan Oleh Kepala Sekolah

Seusai Ibu Sundari membacakan Poin deklarasi, acara dilanjutkan dengan Tanda Tangan di atas spanduk yang telah disiapkan oleh sekolah. Penandatanganan diawali dari Kepala Sekolah bersama dengan Pihak Komite dalam hal ini mewakili wali murid seluruh siswa, kemudian bersambut gayung secara bergiliran oleh guru, karyawan dan seluruh Peserta didik.

Penandatanganan oleh Guru beserta Peserta Didik

Seremoni Pendeklarasian telah selesai, kemudian acara ditutup dengan bersama sama melakukan Flashmob untuk menyemangati hari.