Guru melakukan salam pembuka, menanyakan kabar peserta didik, dan mengecek kehadiran peserta didik
Guru mempersilahkan peserta didik untuk menyiapkan kelasnya dan mengawali pembelajaran dengan berdo’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Peserta didik menulis refleksi di buku masing-masing
Peserta didik menyanyikan lagu 6 karakter utama pelajar Pancasila
Peserta didik secara bergantian beberapa peserta didik menjawab pertanyaan pemantik guru dan mendiskusikan kesamaan dari ketiganya
Peserta didik diminta untuk membuat dua kategori tentang hal-hal positif yang mereka tangkap dari tayangan kedua video tersebut dan di tulis di dalam buku Jurnal Panduan menyesuaikan LKPD Lihat LKPD
Setiap kelompok memilih satu binatang kemudian mendiskusikan hal-hal positif (contoh : pekerja keras, penyabar, setia, dll.) yang ada pada binatang tersebut dan membuat bahan presentasi yang menarik dari hasil diskusinya.
Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, yang lain menyimak dan memberikan pertanyaan. Presenter menjawab pertanyaan.
Peserta didik memintakan paraf buku projek kepada guru pembimbing projek.
Pekerjaan hanya 1 per kelompok. Pastikan dilengkapi nama anggota dalam lembar tersebut. Siswa upload foto pekerjaan yang sudah diparaf ke